Algoritma Bubble Sort

A. Pengertian Bubble Sort

Bubble sort adalah salah satu algoritma untuk sorting data, atau kata lainnya mengurutkan data dari yang terbesar dan yang terkecil atau sebaliknya.

Bubble sort (metode gelembung) adalah metode/algoritma pengurutan dengan cara melakukan penukaran data dengan data tepat disebelahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan. Jika tidak ada perubahan berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci akan dengan lambat menggelembung ke posisinya yang tepat.

Metode pengurutan gelembung (Bubble Sort) diinspirasikan oleh gelembung sabun yang berada dipermukaan air. Karena berat jenis gelembung sabun lebih ringan dari pada jenis air, maka gelembung sabun selalu mengapung diatas permukaan. Prinsip diatas di pakai pada pengurutan gelembung.

Algoritma bubble sort adalah salah satu pengurutan algoritma yang paling simple, baik dalam hal pengertian maupun penerapannya. Ide dari algoritma ini adalah mengulang proses pembandingan antara tiap-tiap elemen array dan menukarnya apabila urutannya salah. Perbandingan elemen-elemen ini akan terus berulang hingga tidak perlu dilakukan penukaran lagi.

Berikut ini adalah gambaran dari algoritma bubble sort. Misalkan kita mempunyai sebuah array dengan. Elemen-elemen “4 2 5 3 9”. Proses yang akan terjadi apabila digunakan algoritma bubblesort adalah sebagai berikut.

Fase pertama
(4 2 5 3 9) menjadi (2 4 5 3 9)
(2 4 5 3 9) menjadi (2 4 5 3 9)
(2 4 5 3 9) menjadi (2 4 3 5 9)
(2 4 3 5 9) menjadi (2 4 3 5 9)
Fase kedua
(2 4 3 5 9) menjadi (2 4 3 5 9)
(2 4 3 5 9) menjadi (2 3 4 5 9)
(2 3 4 5 9) menjadi (2 3 4 5 9)
(2 3 4 5 9) menjadi (2 3 4 5 9)
Fase ketiga
(2 3 4 5 9) menjadi (2 3 4 5 9)
(2 3 4 5 9) menjadi (2 3 4 5 9)
(2 3 4 5 9) menjadi (2 3 4 5 9)
(2 3 4 5 9) menjadi (2 3 4 5 9)

Dapat dilihat pada proses di atas, sebenarnya pada fase kedua, langkah kedua, array telah terurut. Namun algoritma tetap dilanjutkan hingga fase kedua berakhir. Fase ketiga dilakukan karena definisi terurut dalam algoritma bubblesort adalah tidak ada satupun penukaran pada suatu Fase, sehingga Fase ketiga dibutuhkan untuk memverifikasi keurutan array tersebut.

B. Algoritma Bubble Sort

  1. Membandingkan data ke i dengan data ke (i+1) (tepat bersebelahan). Jika tidak sesuai maka tukar data ke i = data ke i+1 dan data ke i+1 = data ke i. Apa maksudnya tidak sesuai?. Jika kita menginginkan algoritma menghasilkan data dengan urutan ascending (A-Z) kondisi tidak sesuai adalah data ke i > data ke i+1, dan sebaliknya untuk urutan descending (Z-A).
  2. Membandingkan data ke i+1 dengan data ke i+2. Kita melakukan perbandingan ini sampai data terakhir. Contoh: 1 dengan 2; 2 dengan 3; 3 dengan 4; 4 dengan 5 …  n-1 dengan n.
  3. Selesai satu iterasi, adalah jika kita sudah selesai membandingkan antara n-1 dengan n. Setelah selesai satu iterasi kita lanjutkan lagi iterasi berikutnya sesuai dengan aturan ke 1. Mulai dari data ke 1 dengan data ke 2, dst.
  4. Proses akan berhenti jika tidak ada pertukaran dalam satu iterasi.

C. Kelebihan dan Kelemahan Bubble Sort

Kelebihan:

  • Metode Buble Sort merupakan metode yang paling simpel
  • Metode Buble Sort mudah dipahami algoritmanya

Kelemahan:

Meskipun simpel metode Bubble sort merupakan metode pengurutan yang paling tidak efisien. Kelemahan buble sort adalah pada saat mengurutkan data yang sangat besar akan mengalami kelambatan luar biasa, atau dengan kata lain kinerja memburuk cukup signifikan ketika data yang diolah jika data cukup banyak. Kelemahan lain adalah jumlah pengulangan akan tetap sama jumlahnya walaupun data sesungguhnya sudah cukup terurut. Hal ini disebabkan setiap data dibandingkan dengan setiap data yang lain untuk menentukan posisinya.

 

Sekian Algoritma Bubble Sort semoga bermanfaat bagi pembaca semua.

Untuk selanjutnya akan saya posting tentang penerapan bubble sort dalam bahasa c++ dan bahasa java.

Regards Angga Lanuma

One thought on “Algoritma Bubble Sort

  1. Pingback: Algoritma Bubble Sort dalam bahasa C++ ~ Lanuma Webid

Leave a Reply