Ini Dia Syarat Air Minum yang Layak Konsumsi Bagi Kesehatan

Berawal dari tulisan agan @gajahpesing di milis Blogger Ngalam kalau BLOGdetik dan PureIt mengadakan kampanye Air Layak Minum Berhadiah yang bertema,

Syarat Air Minum yang Layak Dikonsumsi

Nah, kebetulan nich sambil berbagi ilmu kepada teman – teman sekalian saya mengikuti kampanye ini 😀 .

Ok, langsung saja.


 

air minum

Tubuh manusia membutuhkan Air dan Mineral, air yang dibutuhkan adalah air yang murni yang terbebas dari polutan berbahaya dan tidak mengandung zat -zat yang dapat merusak kesehatan dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh adalah mineral yang bersifat organik. Salah satu manfaat air bagi tubuh adalah sebagai pembentuk sel dan sebagai pengatur suhu tubuh, sedangkan manfaat mineral bagi tubuh adalah  untuk kesehatan tulang, fungsi otak, anti penuaan, kesehatan reproduksi, mencegah kanker, mencegah penyakit Alzheimer, dan mengurangi nyeri otot dan masih banyak lagi manfaatnya.

Standar air minum yang digunakan di Indonesia berdasarkan Permenkes no. 492/ MENKES/ PES/ IV/ 2010 dan sama seperti yang digunakan oleh WHO.

Air dianggap layak minum apabila memenuhi persyaratan fisik, mikrobiologis, kimiawi, dan radioaktif.

  • Fisik
    – Tidak berwarna / jernih
    – Tidak berbau
    – Rasa alami
  • Parameter biologis
    – Tidak mengandung kuman berbahaya seperti bakteri E Coli dan Coliform.
  • Parameter kimia
    – TDS < 500. Total dissolved solid atau kandungan mineral yang terlarut di dalam air lebih kecil dari 500. Tubuh kita memerlukan mineral yang berguna bagi tubuh. Namun mineral tersebut tidak boleh melebihi batas yang diatur oleh pemerintah.
    – pH 6,5-8,5. Kadar keasaman air yang baik adalah antara 6,5 sampai 8,5.
    – Bebas zat kimia beracun.
    – Tidak mengandung logam berat
    – Tidak mengandung pestisida
    – Tidak mengandung bahan radioaktif

Di negara-negara yang maju untuk membuat Air Mineral, air harus dimurnikan terlebih dahulu setelah itu baru ditambahkan mineral didalamnya, sehingga jumlah dan jenis mineralnya terkontrol. Standar air minum yang masuk klasifikasi air murni diatur oleh USP dengan peraturan No, 23th, 1995 dengan TDS (Total Dissolved Solid / jumlah zat padat terlarut) max. 10 ppm atau sesuai standard yang dikeluarkan NSF (National Sanitation Foundation), air bersih dan murni memiliki TDS kurang dari 40 ppm.

Sekedar Info :
TDS = Total Disolved Solid (Jumlah Padatan (Logam Terlarut dalam Air), satuan ukurannya adalah ppm

Air Murni hanya memiliki 3 ppm dari H2O (2 unsur Hidrogen dan 1 unsur Oxygen)

semakin tinggi nilai TDS, semakin banyak jumlah kandungan logam yg terlarut didalam air yg ikut terminum tubuh. Tubuh tetap memerlukan mineral dalam jumlah yg sesuai. maka standart WHO untuk kemurnian air layak minum di batasi dengan nilai TDS maksimal 30 ppm saja.

Jadi, Kesimpulannya waspadai tentang resiko campuran air yang dapat merusak tubuh kita, hidup sehat dengan cara yang sehat.

Air yang layak kita minum harus:

1. jernih

 

2. tidak berwarna

 

3. tidak berbau

 

4. tidak mengandung bakteri

 

5. tidak mengandung campuran yg bisa merusak organ tubuh.

 

6. mengandung mineral organik

(sumber dengan beberapa perubahan)

Jika kalian ingin memurnikan air dengan praktis dan nyaman kalian bisa menggunakan pemurni air Pure It dari unilever, tidak perlu diragukan lagi kemurniannya karena sudah di uji coba di laboratorium ITB dan ITB.

Terima kasih buat kalian yang sudah menyempatkan membaca Blog saya, jika ada saran atau kritikan silahkan tulis di komentar.

Regards Angga Lanuma

One thought on “Ini Dia Syarat Air Minum yang Layak Konsumsi Bagi Kesehatan

Leave a Reply