Singkat Tentang Ubuntu 14.04

logo ubuntuUbuntu Versi 14.04 “Trusty Tahr” merupakan distribusi Linux yang paling populer menggunakan user interface Unity yang khas dan disesuaikan. Trusty Tahr merupakan edisi dengan dukungan jangka panjang “Long Term Support” (LTS) selama 5 tahun, berupa dukungan keamanan berikut jalur upgrade yang lebih mudah dibandingkan rilis versi LTS (12.04) sebelumnya.

Rilis dengan dukungan jangka panjang (LTS) menjanjikan pemeliharaan yang didukung oleh Canonical selama lima tahun, agar senantiasa stabil, handal, aman dan sekaligus berdampak hemat biaya, terutama untuk desktop dengan penyebaran skala besar, baik pada perusahaan, sektor publik dan pemerintahan.

Mulai dari rilis ini, Canonical berikrar untuk fokus pada konvergensi Ubuntu dalam membangun infrastruktur sistem operasi open source OS tunggal yang akan berjalan secara berkesinambungan baik di PC, tablet, ponsel dan bahkan pada TV.

Diantara fitur-fitur terpenting pada Ubuntu 14.04 LTS ini, termasuk perangkat tambahan untuk AppArmor, software yang memberikan keamanan ekstra untuk Ubuntu. Rilis Ubuntu ini datang dengan versi kernel Linux 3.13.0-19.39 terbaru yang telah menggendong fitur-fitur yang diperlukan untuk mendukung mobile dan komputasi awan (Cloud Computing), serta Big Data.

Sama seperti sebelumnya ubuntu merilis 3 jenis OS untuk berbagai kebutuhan 1. Ubuntu 14.04 LTS Desktop, 2. Ubuntu 14.04 LTS GNOME, 3. Ubuntu 14.04 LTS Server

Ubuntu 14.04 LTS Desktop

Ubuntu 14.04 menawarkan backend baru untuk web browser yang disebut Oxide. Untuk pengguna Ubuntu biasa, barangkali perubahan ini tidak berarti banyak atau tidak terasa, namun Oxide merupakan langkah penting dalam membantu Canonical untuk menyulap Ubuntu ke platform yang lebih ramah untuk mobile.

Disamping edisi dengan tampilan standar Unity, Ubuntu juga menerbitkan versi yang mengintegrasikan Gnome berupa Ubuntu 14.04 GNOME. Sementara mendukung jenis desktop lainnya, telah dikembangkan dalam proyek secara terpisah yang masing-masing menggunakan desktop KDE (Kubuntu), XFCE (Xubuntu), dan LXDE (Lubuntu).

tampilan ubuntu desktop

 

Leave a Reply